Minggu, 26 Januari 2014

Idul fitri

Lebaran idul fitri adalah salah satu hari raya yang dirayakan oleh umat islam. Dimana acara wajib adalah saling maaf-maafan agar dosa kita diampuni oleh Allah SWT dan kita berharap bisa menjadi hamba yang kembali fitrah (suci) dari segala dosa dan kesalahan, dibaratkan seperti bayi yang baru lahir di dunia ini.

Umat islam di Indonesia yang jauh dari sanak family biasanya sebelum lebaran pasti pulang ke kampung halaman agar bisa merayakan hari raya bareng keluarga dan untuk melepas rindu karena beberapa waktu tidak bisa ketemu.

Disini Sa akan menulis kata-kata dalam bahasa jawa alus yang biasa diucapkan ketika meminta maaf kepada orang yang lebih tua saat hari raya, agar sopan santun tetep terjaga.

"Kepareng matur dhumateng simbah/bapak/ibu/pakdhe/budhe/paklik/bulik ingkang sepindah ngaturaken sungkem pangabekti, sugeng riyadi, nyuwun pangapunten sedoyo kalepatan sae ingkang taksih kabatos punopo dene ingkang sampun kalairaken, ingkang sengojo punopo dene mboten. Mugi ing dinten riyadi puniko sageto luntur lumantar saking restunipun simbah/bapak/ibu/pakdhe/budhe/paklik/bulik ugi kulo nyuwun donga pangestu, mugi ingkang dados panjangka kulo saged kaleksanan lir ing sambikala"

Tidak ada komentar: