Senin, 08 Agustus 2011

Adat Orang Jawa "NYADRAN"

. Kali ini aku mau berbagi cerita tentang adat istiadat orang Jawa sebelum bulan Puasa. Yaitu, ziarah ke makam untuk mendo'akan seseorang yang telah meninggal. Iyaa, dan itu sering disebut "NYADRAN", dan entah kenapa hatiku pilu saat menyaksikan itu, melihat beberapa orang pergi ke tumpukan tanah yang menggunung kecil.
 Berzikir penuh konsentrasi, berharap do'a akan disampaikan dihadapan Allah Sang Maha Pencipta, dan memberi tempat yang lebih nyaman untuk mereka yang lebih dulu meninggal. Sesekali aku juga melihat diantara mereka yang menitihkan air mata dipipinya, dengan diiringi matahari yang telah mencondong di arah barat sana, dengan sinar yang agak kemerah-merahan dan semilir angin yang mampu ikut dalam duka itu. Dan mungkin mereka telah ingat akan memori yang telah mereka rajut bersama orang tercinta, selagi mereka bersama dulu, dan aku dapat berfikir suatu saat aku akan seperti mereka, menangis penuh harap, berdo'a dan berzikir setiap saat, berharap ada tempat indah untuk orang yang terlebih meninggalkanku lebih dulu.
Karena itu aku besyukur, aku belum ditinggal orang yang benar-benar aku sayang, kedua orang tuaku, yang selalu ada buat aku disaat suka maupun duka, mereka senangtiasa memberiku perhatian, penuh kasih sayang, yang tiada tara habisnya. Berkorban demi aku agar aku bahagia selalu, dengan senyum yang penuh rasa syukur, mencinta dengan sepenuh hati tanpa melupakan Sang Pencipta yang setiap saat mengawasiku. Dan aku tak pernah merasakan hal ini sebelumnya
 Ini ada kata-kata indah buat reader. "Bersyukurlah, karena kalian diberi kesempatan hidup lebih lama dari mereka yang telah dulu meninggal dan tidur selamanya, dibawah tanah, menunggu akan hadirnya hari akhir nanti, gunakan masa hidupmu dengan sebaik mungkin. Yaa, se enggaknya untuk mencari bekal nanti, saat kita seperti mereka yang telah pergi terlebih dahulu, mencintailah sesuatu karena Sang Pencipta. Hidup hanya sekali, tidak ada hidup kedua, serahkan hidupmu untuk Yang Kuasa, hormati orang yang telah melahirkan kita di muka bumi ini, karena tanpa dia kita tidak mungkin ada disini, melihat akan indahnya dunia yang beraneka ragam ini". 
Mungkin ini ceritaku, makasih yaa. , :)