Selasa, 18 Februari 2014

Ngepel Jalan

Sehubungan adanya hujan abu gunung kelud jumat lalu  yang abunya menyebar sampai ke beberapa daerah, termasuk rumah Sa yang berada di Yogyakarta. Hampir semua permukaan hanya berwarna putih karena terselimuti abu, yang menyebabkan sebagian aktivitas diluar ruangan terganggu. Setelah 2 hari panas ngenthang-ngentang yang menyebabkan abu bebas berterbangan ketika tertiup angin, akhirnya minggu malam jogja diguyur hujan deras, abu yang menempel di genteng, dahan dan permukaan pada rontok semua. Ini mengakibatkan abu-abu mengendap di jalan menjadi lumpur.

Secara spontanitas warga mempunyai inisiatif untuk kerja bakti membersihkan lumpur yang mengendap dijalan, karena jika hanya air hujan saja tidak bisa membersihkan lumpur yang mengendap, karena lumpur vulkanik beda sama lumpur biyasa ini lebih pekat. Senin sore warga dah berkumpul dan mulai mengeruk lumpur dengan pacul, senggrong, sekop, engkrong dikumpulkan dalam ember lalu dibuang di tempat yang dah ditentukan. Jalan yang dibersihkan meliputi conblok, cor, aspal yang ada disekeliling kampung. Setelah semua dah bersih dikeruk tinggal saatnya mengairi jalan dengan air, agar sisa-sisa lumpur bisa bersih total.

Air diambil dari sumur menggunakan mesin pemompa air yang bertekanan sedang, kemudian disalurkan menggunakan selang. Karena keterbatasan selang jadi bila dah ngga cukup harus pindah sumur yang lebih dekat. Saat air disemprotkan sisa lumpur langsung terangkat sambil disapu agar lumpur ikut mengalir. Jalan yang berada ditengah kampung mengunakan air dari sumur dan yang dipinggir kampung menggunakan air parit.

Warga bekerja penuh semangat dan guyup rukun sangat kelihatan antar warga baik tua,dewasa, dan remaja. Di mulai kerja bakti sejak sore dan selesai hampir tengah malem.

Persiapan

Pompa air

Kerja

Jumat, 14 Februari 2014

Hujan Abu Vulkanik

Pukul 22.50 WIB 13 Februari 2014 gunung Kelud yang berada di kab. Kediri Jawa Timur meletus. Dampaknya ndak cuma disekitar Jawa Timur tapi dah sampai Jogja yang jaraknya lebih dari 200 KM, walaupun disini hanya hujan abu tapi tetep saja ini adalah dampak dari meletusnya gunung Kelud.

Ini mengingatkanku 4 tahun lalu pada tahun 2010 dimana gunung merapi sedang erupsi, hujan abu yang menyelimuti jalan, rumah, sawah, pohon hingga jarak pandang yang sangat pendek.
Suara dentuman pada malem hari sekitar pukul 23.00 juga terdengar berkali-kali pada saat Sa masih nonton Geisha di Global Tv, dari Jogja aja suaranya begitu apalagi yang disekitar sana yaa? Ndak bisa mbayangin. :|
Sebelumnya sore hari cuacanya sumuk banget ndak seperti hari biasanya, padahal lagi musim ujan juga. tapi Sa ndak tau kalo itu efek dari gunung Kelud yang meningkat aktivitasnya.

Tadi pagi pukul setengah enam yang biasanya dah terang benderang, ini masih gelap karena efek dari ujan abu. Liat diluar rumah semua dah tertutup abu vulkanik. Sebagai warga twitter Sa juga nyimak di TL ternyata seluruh Jogja ujan abu bahkan dah sampai purworejo. Ini bencana tapi sebagian anak-anak sekolah malah pada seneng karena KBM ditiadakan diganti belajar dirumah, Simbok Sa juga dah semangat medal sepedanya mau berangkat glidig tapi sampai perbatasan dusun balik lagi karena keadaan yang tidak memungkinkan.

Tapi tadi pukul 8an ujan air turun, air ini bisa membersihkan abu yang menempel diatap tapi juga membuat jalan jadi licin. Air ujan dan abu vulkanik campur malah jadi lumpur yang bahaya buat pengguna jalan. Lumpurnya dah ngalah-ngalahi Lapindo. :D

Tapi bagaimanapun keadaanya ini adalah cobaan dari Tuhan, kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan saling membantu. #PrayForKelud

Abu Vulkanik

Jalan Depan Rumah

Atap Rumah

Lumpur Abu

Rabu, 12 Februari 2014

Rabo Soto

Selamat hari Rabu, waktuknya kita nyoto. #RaboSoto pada kesempatan ini tanggal 12 Februari 2014 bertempat di Soto Kemasan atau juga sering disebut Soto Kemangi yang ada di Jln. RingRoad Selatan - Singosaren, Banguntapan, Bantul.
Siyang hari ini jam 12an soto kemasan ada yang beda, pengunjungnya tambah rame karena di drop sama prab-prab selo dari #RaboSoto.

Soto ini beda dari soto-soto lainnya, disini sotonya ndak pake daging, tapi diganti sama irisan tahu bacem. Jika kurang mantep bisa ditambah lawuh yang macem-macem ada sate usus, sate rempelo ati, ayam goreng, tahu tempe bacem.
Yang beda lagi ada lalapan daun kemangi untuk menambah aroma soto biar tambah seger, segernya hampir sama seperti habis mandi keramas. :D

Tadi Sa makannya sampai gobyos kotos-kotos karena soto yang pedas larr biyasa ditambah cuaca jogja tengah hari yang panasnya ngenthang-ngenthang. Harganya juga terjangkau. Soto, Es Teh, Sate Usus cukup bayar Rp. 9000.

Perut dah wareg, saatnya pulang. Tunggu hari rabu berikutnya.


Tampak depan

Dah habis

Kamis, 06 Februari 2014

Akun Twitter dan Slogan Radio FM di Yogyakarta

1. Arma Sebelas/Radio Dangdut
Indonesia FM 87.9 MHz
     Twitter: @rdi971
     Slogan: asik musiknya asik goyangnya
     Sms Request: 0812.1212.971

2. Q Radio FM 88.3 MHz
     Twitter: @RadioQJogja
     Slogan: everyone's favorite station
     Sms Request: 0815.7900.883

3. I Radio FM 88.7 MHz
     Twitter: @iradiojogja
     Slogan: juaranya musik indonesia
    Sms Request: 0812.2998.8887

4. Bantul Radio FM 89.1 MHz
     Slogan: media kita bersama
    Sms Request: 0878.3832.0088

5. JIZ FM 89.5 MHz
     Twitter: @895jizfm
     Slogan: musik terbaik pilihanmu
     SMS Request: 0815.8895.895

6. Sasando FM 90.3 MHz
     Twitter: @sasando_fm
     Slogan: memberitakan kabar bagi bangsa
     SMS Request: 0856.2929.400

7. Uty Medari FM 90.7 MHz
     Twitter: @Utyfmedari
     Selogan: Hits Tanpa Henti
     SMS Request: 0855.2859.070

8. RRI Pro 1 FM 91.1 MHz
     Slogan: jaringan berita nasional
     SMS Request: 0811.2666.29

9. Best FM 91.5 Mhz
     Twitter: @bestfmjogja
     Slogan: Trend Musik Terkini
     SMS Request: 0815.7891.5915

10. Prima Jogja FM 91.9 MHz

11. MQ FM 92.3 MHz
     Twitter: @radiomqfmjogja
     Slogan: radio inspirasi keluarga indonesia
    SMS Request: 0815.7860.0923

12. MBS FM 92.7 MHz
     Twitter: @MBSFmJogja
     Slogan: asik candanya ser goyangnya
     SMS Request: 0815.7272.800

13. Swara Argo Sosro FM 93.2 MHz

14. Rama FM 93.5 MHz

15. Megaswara FM 93.8 MHz
     Twitter: @megaswarajogja
     Slogan: the soul of jogja
     Sms Request: 0811.2993.80

16. Radio Persatuan Bantul FM 94.2 MHz
     Slogan: Media musik dan informasi
     SMS Request: 0815.6801.000

17. Kotaperak FM 94.6 MHz
     Twitter: @kotaperakFM
     Slogan: nonstop music 24 hour

18. Masdha FM 95.0 MHz
     Twitter: @masdhafm
     Slogan: together in peace
    SMS Request: 0812.1000.9500

19. Yasika FM 95.4 MHz
     Twitter: @YasikaFMJogja
     Slogan: A cool station jogja
    SMS Request: 0815.7895.4954

20. Prambors FM 95.8 MHz
     Twitter: @PramborsJogja
     Slogan: Hits terbaik dunia

21. Istakalisa FM 96.2 MHz
     Twitter: @istakalisa
     Slogan: Penuh semangat dan inspirasi setiap hari
     SMS Request: 0815.6893.333

22. Sindo Jogja FM 97.0 MHz
     Slogan: untuk indonesia lebih baik
   SMS Request: 0815.7870.9700

23. Sonora FM 97.4 MHz
     Twitter: @sonorajogja
     Slogan: radio sahabat keluarga

24. EMC Star Family FM 97.8 MHz
     Twitter: @EMC_StarFamily
     Slogan: The real family radio

25. Pop FM Jogja FM 98.2 MHz
     Twitter: @popfmjogja
     Slogan: Biangnya radio jogja paling pas gayanya
    SMS Request: 0815.7898.2982

26. GCD FM 98.6 MHz
     Twitter: @gcdfm
     Slogan: Radio yang sebaiknya anda tau

27. Vedac FM 99.0 MHz

28. Retjo Buntung FM 99.4 MHz
     Twitter: @retjobuntungfm
     Slogan: Citra radio keluarga
     SMS Request: 0816.6801.44

29. Radio Anak Jogja FM 99.9 MHz
     Twitter: @radioanakjogja

30. Prima FM 100.2 MHz

31. Andalan Muda (impact) FM 100.5MHz
     Twitter: @impact_fm
     Slogan: Fresh evreyday
    SMS Request: 0812.2900.0910

32. Jogja Family FM 100.9 MHz
     Twitter: @jogjafamily
     Slogan: Radionyj keluarga jogja
    SMS Request: 0815.7860.1009

33. Star Jogja FM 101.3 MHz
     Twitter: @starjogja
     Slogan: Your information channel

34. Swaragama FM 101.7 MHz
     Twitter: @swaragamafm
     Slogan: The soundtrack of your life
     SMS Request: 0811.250.1017

35. Eltira FM 102.1 MHz
     Twitter: @eltirafmjogja
     Slogan: That station for all audience
     SMS Request: 0815.6896.666

36. RRI Pro 2 FM 102.5 MHz
     Twitter: @pro2jogja
     Slogan: Public broadcasting radio station
     SMS Request: 0811.251.1025

37. RRI Pro 3 FM 102.9 MHz
     Slogan: Kantor berita radio nasional

38. Tisaga FM 103.3 MHz
     Twitter: @RadioTisaga
     Slogan: Radionya warga jogja
   SMS Request: 0852.0023.3456

39. FeMale Radio FM 103.7 MHz
     Twitter: @FeMaleJogja
     Slogan: 100% lagu enak

40. Ardia FM 104.1 MHz
     Twitter: @ardiafm
     Slogan: Jogja jazz & beyond radio

41. Unisi FM 104.5 MHz
     Twitter: @unisifmyk
     Slogan: The exciting radio

42. Rakosa FeMale Radio FM 105.3MHz
     Twitter: @RakosaFM
     Slogan: Radio pilihan perempuan jogja
     SMS Request: 0817.2758.00

43. Petra FM 105.7 MHz
     Twitter: @petrafm
     Slogan: The voice of love and peace
     SMS Request: 0815.686.3333

44. Geronimo FM 106.1 MHz
     Twitter: @GeronimoFM
     Slogan: the real sound of yogya
     SMS Request: 0818.64.1061

45. Global FM 106.9 MHz
     Twitter: @global_fmjogja
     Slogan: radio berita jogja
    SMS Request: 0877.3868.1069

46. KR Radio FM 107.2 MHz
     Twitter: @krradiojogja
     Slogan: Media informasi dan hiburan

NB: Dari Berbagai Sumber

Rabu, 05 Februari 2014

Lirik Paijo Londho & Dewi Nilam Sari ~ Jamu Pegel Mlarat

Pa:
Dek, reneo tak kandani,
Ojo menjap menjep nggateli ati,
Dek, ndang gawekno kopi,
Ndasku ngelu ket wingi durung mari,
Yen dikongkon mbok yo ndang dilakoni,
Ojo tambah kok tinggal nonton tipi,

Pi:
Mas mbok yo koe ngerti,
Duit sing endi digawe tuku kopi,
Belanjane gak mbejaji,
Bumbu dapur kabeh entek gari terasi,
Aku isin mbendino ditagihi,
Sok kapan utangmu kok sauri,

Pa:
Tak rewangi kerjo nganti bengi,
Nanging koyone yo ora mesti,
Tak rewangi miter tekan bali,
Nanging koyone yo ora mesti,

Pi:
Sakjane aku wes ora kuat,
Sakjane aku wes pegel mlarat,
Kepengen nduwe sedan mengkilap,
Duit sak milyat lan omah tingkat,

Pa:
Sakjane aku yo ora kuat,
Sakjane aku yo emoh mlarat,
Golekno jamu pegel mlarat,
Sopo ngerti mene dadi konglomerat,

Pa:
Dek, reneo tak kandani,
Ojo menjap menjep nggateli ati,
Dek, ndang gawekno kopi,
Ndasku ngelu ket wingi durung mari,
Yen dikongkon mbok yo ndang dilakoni,
Ojo tambah kok tinggal nonton tipi,

Pi:
Mas mbok yo koe ngerti,
Duit sing endi digawe tuku kopi,
Belanjane gak mbejaji,
Bumbu dapur kabeh entek gari terasi,
Aku isin mbendino ditagihi,
Sok kapan utangmu kok sauri,

Pa:
Tak rewangi kerjo nganti bengi,
Nanging koyone yo ora mesti,
Tak rewangi miter tekan bali,
Nanging koyone yo ora mesti,

Pi:
Sakjane aku wes ora kuat,
Sakjane aku wes pegel mlarat,
Kepengen nduwe sedan mengkilap,
Duit sak milyat lan omah tingkat,

Pa, Pi:
Sakjane aku yo ora kuat,
Sakjane aku yo emoh mlarat,
Golekno jamu pegel mlarat,
Sopo ngerti mene dadi konglomerat,

Penyanyi : Paijo Londho & Dewi Nilam Sari
Judul : Jamu Pegel Mlarat
Orkes : OM Nirwana

Nb: ditulis langsung, sinambi midangetaken lagu

Lirik Aries Aglies ~ Ojo Ruwet

Urip iku ora usah ngena ngene,
Susah seneng teko dilakoni wae,
Ora usah mumet ojo digawe ruwet,
Sik penting meneh iseh iso ngliwet,
Urip iku ojo digawe nelongso,
Ayo kerjo dibarengi karo ndongo,
Rejeki sitik disyukuri wae rodo akeh ojo lali sodaqoh e,

Ojo mikir pejabat sing podo bejat ayo mikir anak bojo kerumat,
Ojo mikir kurupsi ojo tiru ngapusi bondo donyo ora digowo mati,
Rasah ngoyo dadi pegawe negri yen ujung-ujung e nyogok kanan kiri,
Bangga o awakmu dadi petani urip tentrem sampai mati,

Urip iku ora usah ngena ngene,
Susah seneng teko dilakoni wae,
Ora usah mumet ojo digawe ruwet,
Sik penting meneh iseh iso ngliwet,
Urip iku ojo digawe nelongso,
Ayo kerjo dibarengi karo ndongo,
Rejeki sitik disyukuri wae rodo akeh ojo lali sodaqoh e,

Ojo mikir pejabat sing podo bejat ayo mikir anak bojo kerumat,
Ojo mikir kurupsi ojo tiru ngapusi bondo donyo ora digowo mati,
Rasah ngoyo dadi pegawe negri yen ujung-ujung e nyogok kanan kiri,
Bangga o awakmu dadi petani urip tentrem sampai mati.

Penyanyi : Aries Aglies
Judul : Ojo Ruwet
Orkes : OM Nirwana

Nb: ditulis langsung, sinambi midangetaken lagu